**SELAMAT DATANG DI WEBSITE YKPD GBKP ALPHA OMEGA KABANJAHE **

Vocational

1. Workshop

Dalam mengarahkan dan membimbing anak berkebutuhan khusus  menuju hidup mandiri dan terampil yayasan ini telah membuka workshop sebagai tempat pelatihan dalam bidang petukangan, bordir, jahit/sulam, tenun, penutup mimbar, tas, saputangan, perakitan pengepel dan pembatikan. Hasil dari keterampilan tersebut dijual di showroom Alpha Omega. Pada showroom ini dipamerkan produk kerajinan yang dibuat oleh anak-anak cacat. Showroom, KUBE (Kelompok Usaha Bersama) kantin dan guest house terus dikembangkan dengan harapan semuanya bisa menjadi sarana pembelajaran/latihan sekaligus sebagai penunjang dana Alpha Omega.

Selain pemasaran produk kerajian di showroom, juga sudah ada kerjasama dengan Simalem Resort. Simalem Resort telah bersedia memberi tempat bagi anak-anak untuk mendemonstrasikan pembuatan barang kerajinan tersebut sekaligus menjualnya disana.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu. Manajemen Simalem Resort bersedia antar jemput anak-anak beserta guru/pengasuh juga memberi makan siang disana. Kesempatan  tersebut disampaikan Bapak Tamin Sukardi (sebagai pemilik) yang didampingi puteranya Eddy Tanoto ketika memberikan bantuan pada waktu Ulang Tahun Alpha Omega yang ke 24 di Komplek Alpha Omega.

 

Ruang Vocational

2. Pelatihan Pertanian dan Peternakan

Alpha Omega memiliki pusat pelatihan (vocational centre) di Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat. Lokasi ini luasnya 7,5 Ha, berjarak 5 km dari Kabanjahe. Dilokasi ini ada rumah tempat tinggal anak-anak yang sudah mandiri beserta pengasuhnya. Ada Chappel untuk tempat beribadah, ada aula, gedung penunjang dll. Masyarakat Kabupaten Karo hidup dari hasil pertanian, maka keterampilan anak-anak juga diarahkan kebidang pertanian dan peternakan. Penyandang cacat yang sudah dewasa dilatih hidup mandiri di tempat pelatihan ini sebelum kembali ke masyarakat.

Di lokasi ini ditanam jeruk, kopi, cabai, wartel, dan sayur-mayur lainnya. Juga dipelihara beberapa ekor lembu dan babi. Selain tanaman  dan ternak,  ada kolam untuk memelihara lele dumbo. Kotoran lembu sebelum digunakan sebagai pupuk organik terlebih dahulu diolah menjadi biogas. Biogas ini digunakan untuk  memasak dan penerangan (ketika listrik PLN belum masuk). Biogas ini walaupun belum mencukupi kebutuhan tapi telah mampu mengurangi biaya operasional. Beberapa tamu telah datang untuk studi banding ke tempat ini mempelajari pembuatan biogas tersebut.

Salah satu program saat ini adalah mengembangkan lokasi ini menjadi tempat wisata agro dan tempat retreat serta ruang rapat/pertemuan  dengan fasilitas yang memadai. Pada lokasi ini diterapkan pertanian terpadu dengan pengolahan pakan ternak, pupuk organik dan tanaman hortikultura. Lahan 1 Ha saat ini sedang ditanami berbagai sayur mayur untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Di tempat ini, anak-anak Alpha Omega yang sudah melewati masa sekolah, diberdayakan dalam membantu merawat ternak dan tanaman. Dengan demikian, meskipun sudah melewati masa sekolah, anak-anak dapat terus berkarya dan bekerja. Dengan kesibukan ini, dapat mengarahkan mereka ke hal-hal yang tidak berguna.